Selasa, 03 Januari 2017

Langkah Mudah Setting Teleskop

10 LANGKAH MUDAH STEL ATAU SETTING TELESKOP SENAPAN ANGIN

teleskop senapan angin

Bagi kalian penggemar kegiatan berburu pasti tahu bahwa teleskop merupakan salah satu bagian vital yang terdapat pada senapan angin, karena fungsi dari teleskop ini sangat penting untuk kegiatan perburuan. Apabila setelan dari teleskop tidak pas sedikit saja maka akan mengakibatkan hewan sasaran tidak terkena tembakan kita. Lalu bagaimana cara menyetel teleskop senapan angin yang baik, benar dan mudah? Untuk anda yang belum mahir atau pun belum bisa menyetel atau menyetting teleskop senapan angin, silahkan anda perhatikan langkah – langkah dibawah ini dengan seksama.
Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara setting teleskop senapan angin, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Memastikan laras dan melepas peredam
Anda harus memastikan bahwa laras yang anda gunakan benar-benar lurus dan presisi. Setelah laras benar – benar lurus dan presisi, sebaiknya anda melepas peredam dan peredam dipasang belakanganya itu dipasang pada saat anda mau berburu saja.

    2.  Mengatur pembesaran teleskop
Pembesaran yang harus anda gunakan adalah pembesaran yang paling kecil dan pembesarannya jangan di zooming.

    3.  Memasang teleskop
Dalam memasang teleskop harus benar-benar lurus. Untuk mengetahui bahwa teleskop sudah lurus, anda dapat mengeceknya dengan cara membidik secara visual dengan acuan tanda ( + ) di dalam lensa.

4.  Mengatur jarak tembak 
Sebaiknya jarak tembak yang anda ambil yaitu sekitar 10 meter dan pastikan bahwa saat anda ingin menembak, angin tidak berhembus kencang.

      5. Mempersiapkan sasaran tembak
Usahakan sasaran tembak yang anda gunakan adalah sebuah titik pada tembok yang luasnya minimal 1 meter x 1 meter. Gambar dibawah adalah gambar referensi sasaran tembak yang dapat anda tiru.
mengatur-jarak-tembak

      6.  Meletakkan senapan
Saat menembak, senapan angin jangan dipegangi tetapi senapan tersebut didudukkan pada sebuah tumpuan misalnya saja pada bangku atau tripod. Hal tersebut bertujuan agar senapan tidak mudah goyang dan menjaga stabilnya senapan angin ketika menembak sasaran.

      7.  Menyiapkan peluru atau pellet
Jangan lupa peluru atau pellet harus sudah terisi di dalam senapan sebelum kita menembak.

Memahami bagian – bagian tombol atau switch

Berikut adalah gambar tombol beserta keterangannya :

gambar-tombol
  1. Stelan atas dan bawah
  2. Stelan samping kanan dan kiri
  3. Pembesaran
  4. On atau Off lampu ( merah dan hijau )
  5. Pengaturan Plus Minus untuk mata
  6. Menembak sasaran
Berikan tembakan pertama pada titik di tembok yang telah anda buat tadi dan perhatikan kemana arahnya peluru atau pellet. Apabila perkenaan peluru kurang keatas atau kurang kebawah, maka anda harus mengaturnya dengan cara memutar switch stelan atas dan bawah (pada gambar angka 1) sesuai arah yang didapat pada target. Namun apabila perkenaan peluru kurang kekanan atau kurang kekiri, maka anda harus mengaturnya dengan cara memutar switch stelan samping kanan dan kiri (pada gambar angka 2) sesuai arah yang di dapat pada target. Untuk lebih jelasnya, sekarang perhatikan contoh dibawah ini :
menembak-sasaranApabila peluru atau pellet lari keatas kanan seperti gambar di atas (warna merah ), maka langkah yang harus anda lakukan adalah membuka tutup switch bagian atas kemudian ambil obeng plat dan putar switch keatas sehingga nantinya peluru atau pellet akan bergerak kebawah. Setelah diatur, berikan tembakan kedua pada titik di tembok yang telah anda buat tadi dan perhatikan lagi kemana arahnya peluru atau pellet. Berikan tembakan secara terus menerus hingga akhirnya perkenaan peluru selurus dengan pusat sasaran. Apabila digambarkan hasil yang harus anda dapatkan adalah sebagai berikut :


menembak-sasaran

Coba perhatikan perkenaan pelurunya, ya arah peluru masih kekanan dari pusat sasaran.Jadi, langkah selanjutnya yang harus lakukan adalah membuka tutup switch bagian kanan teropong kemudian ambil obeng plat dan putar switch kekanan sehingga nantinya peluru atau pellet akan bergerak kekiri. Setelah diatur, berikan tembakan lagi pada titik di tembok yang telah anda buat tadi dan perhatikan lagi kemana arahnya peluru atau pellet. Berikan tembakan secara terus menerus hingga akhirnya perkenaan peluru pas dipusat sasaran. Apabila digambarkan hasil yang harus anda dapatkan adalah sebagai berikut :

menembak-sasaran

Nah kalau hasilnya sudah seperti, mari kelangkah selanjutnya Mencatat angka switch
  1. Setelah mendapatkan stelan yang pas, anda harus mencatat pada angka berapa switch tersebut atau anda dapat menandai dengan spidol lalulakukan lagi pada jarak yang berbeda dari jarak pertama tadi, misalnya pada 20 meter, 30 meter dan lain sebagainya.
  2. Informasi tambahan bahwa urutan menembak adalah mengokang sebanyak 5 kali, mengisi peluru dan menembak. Jangan sampai terbalik yaa. Ingat, mengisi peluru dilakukan hanya saat sudah siap untuk menembak. Apabila peluru sudah terisi tetapi batal menembak, maka senapan harus segera dikosongkan.


Nahh itulah 10 langkah mudah dalam menyetel atau menyetting teleskop senapan angin. Sekarang anda dapat mencobanya dan semoga berhasil ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar