Kamis, 05 Januari 2017

Hewan – Hewan Yang Boleh Diburu di Indonesia

Negara indonesia adalah negara yang kaya akan segala – galanya. Yang petama negara Indonesia kaya akan ragam dan budaya yang dimilikinya. Mengapa indonesia bisa disebut negara yang kaya akan ragam dan budayanya karena memang negara ini mempunyai banyak sekali suku dan juga wilayah – wilayahanya didalamnya. Ambil saja contoh wilayah Jawa. Yang dimana wilayah tersebut adalah wilayah terfavorit bagi seluruh masyarakat Indonesia. namun bukan berarti wilayah seperti Sumatera, Kalimantan, Papua dan yang lainya tidak bagus. Semua wilayah tentunya memiliki keunikan dan ragam ciri khas nya masing – masing.

Lalu negara Indonesia juga kaya akan potensi alam seperti hutan, lautan, gunung dan masih banyak yang lainya. Dan pastinya negara Indonesia tidak akan lengkap tanpa flora dan fauna. Dua unsur tersebut sangat penting juga memberikan warna bagi negara Indonesia. Dinegara Indonesia pun sangat beragam flora dan faunanya. Dan tentunya sangat banyak sekali jenis – jenisnya. Namun disini tidak akan membahas tentang flora namun memfokuskan fauna – fauna yang ada di Indonesia.


Pernah tidak kalian pergi kekebun binatang, tentu semua orang pernah pergi belibur kekebun binatang. Lalu pernakah terpikir diotak kalian mengapa hewan – hewan tersebut terkurung. Jawabanya simple untuk melindungi habitatnya dinegara Indonesia. tapi kan kasihan dikurung, sebenarnya kebun binatang itu bukannya mengurung hewan didalam satu tempat. Melainkan ia menjaga hewan tersebut agar tidak dimusnah oleh orang yang tidak memiliki kepedulian antar sesama makhluk hidup. Jadi niat kebun binatang yang mengurung hewan – hewan tersebut tentulah sangat baik dan memang tempat kebun binatang sangat didukung oleh pemerintah. Banyak sekali alasan mengapa hewan – hewan yang ada dikebun binatang tidak dilepas dialam bebas :

·         Hewan tersebut tentunya akan hilang kontrol dan tentunya ini akan sangat berhaya bagi makhluk hidup lainya khususnya adalah manusia.
·         Asupan makanan tidak pasti. Maksudnya adalah hewan yang dilepas dialam bebas belum tentu ia akan mendapatkan asupan makanan yang pas dan sesuai dengan porsinya. Karena namanya dialam bebas tentu untuk mendapatkan makanan tidaklah mudah terkadang harus bersaing dengan jenis hewan lainya.
·         Adanya beberapa oknum yang jahat. Ini tentu pasti ada. Namanya orang jahat pasti ada didunia ini tidak mungkin tidak akan pernah ada. Dengan hewan – hewan yang dilepas dialam bebas tentunya ini akan membuat seseorang bernafsu untuk memburu hewan – hewan tertntu untuk diambil daging, kulit dan bagi organ tubuh yang lainya. jika kegiatan ini terus dilakukan tentunya akan membuat ekosistem dan habitat dari hewan tersebut akan punah.

Itulah beberapa alasan mengapa dibangunnya  tempat kebun binatang, namun anda para pemburu tidak perlu merasa khawatir bahwa kegiatan ini nantinya akan dihapuskan atau dihilangkan dari negara Indonesia. Karena ada beberapa hewan yang memang boleh diburu dihutan bebas ataupun dialam bebas seperti goa dan lainya. berikut ini adalah daftar hewan yang dibolehkan untuk diburu di negara Indonesia :

·         Kelalawar

Burung yang satu ini sangat dibolehkan dan dianjurkan untuk diburu. Mengapa hewan tersebut boleh diburu karena memang hewan tersebut dapat menggangu lingkungan sekitar. Dan hewan tersebut pun bagi sebagian orang adalah jenis burung yang menakutkan. Burung yang terbang dimalam hari ini ternyata bisa menghasilkan 50 hingga 100 anak burung kelalawar tiap harinya. Tentu jika ini dibiarkan populasi dari burung tersebut akan terus meningkat dan bisa jadi burung ini akan bisa menempati tempat pemukiman warga karena sudah penuhnya goa – goa atau hutan yang ditempati.

·         Burung tekukur

Jika dipertama ada burung kelalawar dipoin kedua ini adalah burung tekukur. Mungkin ada yang sudah tahu jenis burung tersebut namun ada juga sebagian yang masing bingung burung tersebut. Biasanya burung tekukur ini diburu untuk dijadikan makanan hewan yang lainya. burung ini terbilang sangat banyak populasinya maka dari itu kenapa negara Indonesia tidak melarang seseorang untuk memburu burung tekukur. Burung ini biasanya ditemukan dihutan bebas namun juga sering ditemukan diladang perkebunan pemukiman warga.

·         Tikus

Hewan yang satu ini memang sudah sangat setuju untuk diperbolehkan memburunya. Namun dengan adanya kebijakan tersebut ada saja beberapa oknum yang memanfaatkan kebijakan tersebut. Dengan adanya bakso yang dicampur oleh daging tikus. Tentu ini sangat menggelikan dan sudah kelewat batas. Karena pada dasarnya hewan yang satu ini tidak boleh dimakan karena hidupnya saja sudah tidak bersih yaitu digot, diselokan dan tempat kotor yang lainya. dan hewan yang satu ini pun sering mengkonsumsi makanan – makanan yang tidak sehat seperti sampah dan lainya.

·         Ikan dilaut lepas

Tentu ini sudah sangat dianjurkan dan dizinkan oleh negara. Yang dimana memburu ikan dilaut lepas tidak akan jadi masalah. Yang menjadi masalah adalah jangan sampai para nelayan Indonesia yang berburu ikannya dilaut milik negara lain. Karena ini tentunya dapat menjadi masalah tersendiri bagi nelayan yang nekat berburu ikan diluar laut negara indonesia.

Karena memang begitu banyak potensi alam yang dimiliki oleh negara Indonesia yaitu salah satunya adalah kekayaan laut beserta isinya. Inilah yang bisa dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mencari makan dan rejeki dengan kegiatan berburu ikan dilaut Indonesia.


Setelah membaca artikel ini tentunya para pembaca akan mengetahui fungsinya dibangun kebun binatang dan juga mengetahui hewan – hewan apa saja yang boleh diburu di Indonesia. semoga bermanfaat. Terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar